Sub Tema Arkipel

Kritisisme dalam Sinema

Kritisisme dapat diartikan sebuah upaya menggugat suatu hal yang sudah mapan. Melihat kebutuhan saat ini, berbagai gerakan dan kerja di dalam semesta sinema penting untuk dilakukan di dalam konteks kritisisme. Dilihat dari medium maupun fungsinya, sinema memiliki daya kritis ketika dihadapkan dengan kondisi-kondisi aktuil di dalam masyarakat, baik kebudayaan, sosial, maupun politik. Dengan demikian, sinema sangat berpotensi untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan kontribusi yang optimal dan performativitas bagi sistem sosial.

 

Komunitas dan Pengembangan Pengetahuan Sinema

Berbeda dengan tahun kemarin yang lebih banyak mendiskusikan berbagai permasalahan komunitas di Festival Forum, pada tahun ini Festival Arkipel mengajak para pembicara serta para peserta untuk berdiskusi dan membagi pengamatannya mengenai bagaimana komunitas filem dapat mengembangkan pengetahuan sinema melalui aktivisme, dalam berbagai tindakan memproduksi, distribusi, serta melakukan kajian sinema. Terlebih lagi di dalam melakukan aktivitasnya, komunitas filem turut memiliki andil untuk merambah konteks sosial, politik, maupun kebudayaan. Komunitas dirasa penting dalam meningkatkan pengetahuan tentang filem, khususnya yang menjadi dasar utama kegiatan perfileman, seperti definisi, batasan- batasan, hal teoritis, dan peningkatan pengetahuan yang bersifat teknis dan praktis. Apalagi jika melihat posisi strategis komunitas filem, yang dalam hal ini, bisa menjadi budaya tanding terhadap kebudayaan yang dominan (industri filem).

 

Dokumenter dan Eksperimental, Perkembangan Mutakhir Sinema Dunia

Kata eksperimental di dalam ranah sinema mengandaikan tentang perlunya dorongan bagi setiap ‘pemain’ yang terlibat dalam suatu permainan bahasa sinema (visual) untuk selalu mengusahakan ‘bahasa baru’ di luar yang sudah diterima secara umum dalam idiom popular. Dengan permainan bahasa yang terus menerus terperbaharui itulah, Dokumenter yang memiliki tradisi naratif mampu memutakhirkan dirinya. Sedemikian hingga, Dokumenter dan Eksperimental seharusnya tidak lagi dipisahkan, terutama di dalam konteks kontemporernya atau dikenal dalam istilah “New Golden Age of Documentary”.

Tenggat Waktu

  • 00 days
  • 00 hours
  • 00 minutes
  • 00 seconds