august, 2015
Details
Menjadi pembuat filem dan video independen sejak tahun 1963—telah membuat 38 karya filem berdurasi panjang (feature), lebih dari tiga puluh filem berdurasi pendek, di samping karya-karya lainnya, termasuk instalasi, fotografi,
Details
Menjadi pembuat filem dan video independen sejak tahun 1963—telah membuat 38 karya filem berdurasi panjang (feature), lebih dari tiga puluh filem berdurasi pendek, di samping karya-karya lainnya, termasuk instalasi, fotografi, dan tulisan—Jon Jost dikenal sebagai seniman yang karyanya sering kali turut berpartisipasi dalam perhelatan festival-festival berskala besar maupun kecil yang berada di luar kriteria nilai “ekonomi pasar”. Bahkan, tampaknya dalam beberapa tahun terakhir ini, filem-filemnya juga ‘tidak sesuai’ dengan kriteria festival. Namun, situasi itu tidak menghentikan daya kreatifnya, justru tampak semakin menegaskan posisinya sebagai salah satu filmmaker independen yang cukup berpengaruh di Amerika.
Menarik kiranya untuk mengetahui pemikiran dan pengalaman yang dimiliki Jon Jost sebagai pembuat filem yang memilih berdiri di luar lingkaran industri perfileman Amerika. Di samping memahami politik estetika yang ia bangun menjadi landasan dalam praktik berkaryanya, perlu pula kita ketahui bagaimana metode-metode produksi serta politik estetika filem yang ia bawa itu dapat bertahan—atau, bernegosiasi—dengan ranah arus utama yang mendominasi praktik-praktik sinematik di lingkup global. Pendekatan yang diterapkan Jon Jost, tentunya, menentukan gaya bahasa visual maupun gagasan tentang eksperimentasi di dalam sinema.
Dalam sesi Master Class bersama Jon Jost ini, sang sutradara akan memaparkan pandangannya mengenai wacana sinema, baik konteks kesejaharan maupun perkembangan kontemporer, melalui pendekatan-pendekatan dan eksperimentasi-eksperimentasi yang telah ia lakukan dalam memproduksi filem sepanjang karirnya. Bagaimana aktivitasnya tersebut, oleh kita, dapat dilihat sebagai salah satu cara untuk mendalami geliat perfileman independen yang dengan signifikan juga turut menentukan budaya sinema dunia sekarang ini.
–
Being an independent filmmaker and video since 1963—has made 38 feature-length films, more than thirty short films, in addition to other works, including installations, photographs, and writings—Jon Jost known as an artists whose works often participate in both large and small festivals which are outside the criteria of the commercial value. Even it seems that in recent years, his works are also ‘not in accordance’ with the criteria of some festivals. However, this circumstance does not stop his creative power, that looks increasingly asserted his position as one of the influential independent filmmaker in America.
Perhaps it would be interesting to know his thinking and experiences as a filmmaker who chose to stand outside the circle of American film industry. In addition to understanding the politics of aesthetics which he built into a foundation in his art practices, we also need to know how the methods of production and political aesthetics of film which he did to survive—or, negotiate—against toward the realm of the mainstream that dominates cinematic practices in a global scope. Jon’s approaches, of course, determines both the visual form/language and ideas of experimentation in cinema.
In this Jon Jost’s Master Class session, the filmmaker will present his standpoint on cinema discourses, both in historic context and contemporary times, through the approaches and experimentations he has done in producing films throughout his career. How these activities, by us, may be seen as a way to deeply explore dynamics of independent cinema that also significantly determine today’s world cinema culture.
Time
(Wednesday) 14:00 - 16:00
Location
@America
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 (SCBD), Jakarta - 12190
Organizer
Forum Lentenginfo@forumlenteng.org